Toto

Perselisihan hukum Jimmy Lai terus berlanjut

Taipan media yang jatuh Jimmy Lai Chee-ying harus menunggu hingga September untuk memulai persidangan 40 hari dalam dugaan kasus kolusi asing.

Persidangan Lai akan dimulai pada 1 Desember tetapi ditunda setelah Kepala Eksekutif John Lee Ka-chiu, yang berusaha untuk melarang pengacara Inggris Tim Owen untuk mewakili Lai, beralih ke Beijing untuk keputusan bulan lalu setelah pengadilan tertinggi SAR memutuskan melawannya. administrasi.

Lai, 75, yang mendirikan Apple Daily sekarang ditutup, muncul di hadapan hakim keamanan nasional Esther Toh Lye-ping, Susana Maria D’Almada Remedios dan Alex Lee Wan-tang di pengadilan tinggi kemarin.

Pengadilan mendengar Owen telah meninggalkan Hong Kong, dengan Robert Pang Yiu-hung mewakili Lai mengatakan Departemen Imigrasi menolak aplikasi visa kerjanya.

Saluran Standar

Selengkapnya>>

Pang menambahkan bahwa Owen memiliki persidangan lain di Hong Kong mulai Mei dan diperkirakan akan memakan waktu sekitar 100 hari, jadi dia meminta penundaan hingga Oktober.

Penjabat wakil direktur penuntutan publik Anthony Chau Tin-hang mengatakan komite tetap Kongres Rakyat Nasional belum memutuskan langkah SAR untuk melarang Owen dan meminta penundaan hingga 3 Januari setelah pertemuan NPC berakhir pada 30 Desember.

Namun hakim Lee menolak kedua permintaan Data SDY hari ini tersebut, dengan mengatakan jika persidangan Lai harus selesai pada Mei, itu akan tumpang tindih dengan persidangan subversi yang melibatkan 47 demokrat.

Jadi persidangan sekarang akan dimulai pada 25 September.

Pertanyaan apakah pengacara asing dapat terlibat dalam kasus keamanan nasional, yang diajukan oleh kepala eksekutif, bagaimanapun juga tidak menjadi agenda pertemuan NPC.

Tetapi Tam Yiu-chung, satu-satunya wakil Hong Kong pada komite tetap NPC, mengatakan pada hari Senin bahwa pertemuan di Beijing adalah “kesempatan terbaik” untuk menangani pertanyaan yang diajukan oleh John Lee.

Dia menindaklanjuti dengan menyatakan bahwa sebaiknya menyelesaikan pertanyaan Owen dengan menyelesaikannya di dalam SAR.

Sementara itu, Wong Wai-keung, seorang terdakwa bersama Lai dalam kasus penipuan, mengajukan banding kemarin setelah menerima hukuman 21 bulan pada hari Sabtu di hadapan hakim pengadilan distrik Stanley Chan Kwong-chi.

Wong, direktur administrasi berusia 60 tahun dari perusahaan induk Apple Daily, Next Digital, dihukum karena melanggar persyaratan sewa di kantor perusahaan Tseung Kwan O.

Wong telah diberikan pengurangan sembilan bulan dari masa hukumannya karena Chan mencatat bahwa dia setuju dengan sebagian besar fakta dalam kasus tersebut dan karena kondisi kesehatannya.

Lai saat ini menjalani hukuman penjara lima tahun sembilan bulan setelah dinyatakan bersalah melanggar ketentuan sewa kantor pusat surat kabarnya dengan menyembunyikan operasi sebuah perusahaan konsultan di sana.