Toto

Jembatan langit terpanjang di dunia dibuka

Jembatan Langit Bandara Internasional Hong Kong – yang terpanjang di dunia – dibuka kemarin, memungkinkan para pelancong untuk berjalan di antara terminal 1 dan concourse satelit daripada harus naik bus antar-jemput.

Jembatan sisi udara – panjang 200 meter dan tinggi 28m dan menelan biaya hampir HK$1 miliar – dilengkapi dengan eskalator dan jalur pejalan kaki otomatis. Ini memungkinkan pesawat penumpang terbesar, Airbus A380, lewat di bawahnya dan memberikan pemandangan apron yang spektakuler kepada para pelancong.

Direktur Eksekutif Teknik dan Teknologi Otoritas Bandara Ricky Leung Wing-kee mengatakan jembatan itu awalnya dijadwalkan untuk memulai layanan pada pertengahan 2020, tetapi tertunda karena Covid.

Bagian dari jembatan itu dipasang di daratan, katanya, menambahkan itu tidak digunakan sampai kemarin karena ada lebih sedikit pelancong selama puncak pandemi.

Saluran Standar

Selengkapnya>>
Penundaan telah menyebabkan biaya tambahan, tetapi dia tidak merinci biaya akhir proyek.

Dulu, penumpang harus naik shuttle bus dari terminal 1 ke concourse satelit. Biasanya memakan waktu sekitar 10 menit, tetapi perjalanan lebih merepotkan dan terkadang terhambat oleh penerbangan. Dengan jembatan tersebut, penumpang hanya membutuhkan waktu delapan menit untuk berjalan kaki antara jalur satelit menuju area dekat gerbang 24 terminal 1.

Leung mengatakan penumpang di masa depan juga dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik karena mereka tidak lagi berisiko ketinggalan penerbangan karena penundaan bus antar-jemput.

Dia menambahkan bahwa para pelancong akan menemukan jembatan baru yang berguna dan lebih banyak orang akan memilih untuk berjalan melewatinya untuk mencapai penerbangan mereka.

Concourse satelit memiliki Keluaran SDY sembilan gerbang keberangkatan dan terutama untuk penerbangan domestik, seperti yang dioperasikan oleh Hong Kong Express Airways.

Seorang musafir bermarga Lee, yang berjalan melewati jembatan menuju penerbangannya ke Jepang kemarin, memuji kenyamanannya.

“Wisatawan memiliki kendali yang lebih baik atas waktu mereka,” katanya, seraya menambahkan bahwa bus antar-jemput sangat ramai di masa lalu.

Penumpang lain yang terbang ke Taiwan juga mengatakan lebih mudah baginya untuk menggunakan jembatan daripada shuttle bus.

“Sungguh menakjubkan melihat pesawat terbang di bawah kaki Anda,” tambahnya.

Otoritas Bandara mengatakan: “Dengan kaca eksterior dan lantai kaca dipasang di jembatan, penumpang dapat menikmati pengalaman luar biasa dari sebuah pesawat yang lewat di bawah kaki mereka.”

Leung mengatakan jembatan itu diharapkan menjadi fitur ikonik di bandara.

“Ini menawarkan penumpang pemandangan spektakuler seluruh bandara dengan pemandangan di dekatnya sebagai latar belakang. Penumpang memiliki tempat baru untuk berfoto sebelum melanjutkan perjalanan,” katanya.

“Jembatan Langit HKIA adalah bagian dari upaya kami dalam memperbarui Keluaran HK dan meningkatkan pengalaman penumpang di bandara. Bersama dengan fasilitas bandara lainnya yang ditingkatkan, kami berharap dapat menyambut penumpang dari seluruh dunia.”

Restoran dan toko di jembatan itu diperkirakan akan dibuka awal tahun depan.