Toto

ICAC hancurkan sindikat atas rekor kontrak pemeliharaan gedung HK$500 juta, tangkap 49

Pengawas anti-korupsi Hong Kong mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka telah menghancurkan sindikat besar untuk kebaikan karena petugas menangkap 49 orang karena mendapatkan kontrak pemeliharaan gedung senilai lebih dari HK$500 juta dengan mengendalikan perusahaan manajemen properti dan proses tender.

Ini adalah operasi terbesar yang menargetkan manajemen properti dan pemeliharaan gedung dalam sejarah Komisi Independen Melawan Korupsi (ICAC), kata Bryan Chong Ka-lok, asisten direktur departemen Keluaran SDY operasi pengawas.

Operasi tersebut melibatkan 10 proyek senilai lebih dari HK$500 juta, dengan jumlah suap melebihi HK$1 juta dalam beberapa kasus, kata Chong juga.

Chong menambahkan lebih dari 300 petugas dikerahkan untuk menggerebek lebih dari 100 tempat, dan 49 tahanan – 43 pria dan enam wanita berusia 25 hingga 73 tahun – termasuk dalang dan anggota kunci sindikat tersebut.

Saluran Standar

Selengkapnya>>
Operasi sedang berlangsung dan petugas mungkin akan melakukan lebih banyak penangkapan, kata Chong.

Penyelidik utama ICAC Grace Yee Hin-lai mengatakan dalangnya adalah bos sebuah perusahaan konstruksi dan mengendalikan sejumlah perusahaan konstruksi lain dan perusahaan manajemen properti.

Anggota kuncinya adalah konsultan teknik, kontraktor, dan perantara, dan beberapa anggota masyarakat triad. Adapun sisa tahanan, ada yang staf perusahaan dan ada yang anggota korporasi pemilik gedung.

Yee melanjutkan bahwa sindikat tersebut memiliki pilihan di semua perumahan, bangunan komersial, dan bangunan industri di seluruh kota, mulai dari pekerjaan peningkatan lift seharga beberapa juta dolar hingga pekerjaan pemeliharaan besar senilai lebih dari HK$100 juta.

Sindikat juga akan menyusup ke perusahaan pemilik untuk mengontrol proses tender karena anggota memuji kontraktor tertentu dan mencoreng pesaing, yang memengaruhi keputusan pemilik.

Dalam satu kasus, anggota kunci dari sindikat mendapatkan kontrak HK$200 juta untuk pekerjaan pemeliharaan sebuah perumahan besar di Distrik Kepulauan, dan menawarkan suap lebih dari HK$1,5 juta kepada sejumlah staf perusahaan manajemen properti melalui perantara. , sebagai ganti pemantauan yang santai.

Delapan dari 10 proyek yang terlibat belum dimulai dan pemilik properti tidak perlu menghadapi kerugian moneter pada saat ini, kata ICAC.

Pemilik rumah harus menghubungi ICAC jika mereka menganggap proses tender mencurigakan atau aneh, tambah pengawas itu.